PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT GUNA PENANAMAN JIWA WIRAUSAHA PADA PESERTA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UNGARAN


KHAFI DHOTUL ROVIAH, 1201416067 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT GUNA PENANAMAN JIWA WIRAUSAHA PADA PESERTA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI _KHAFI DHOTUL ROVIAH - khafi dhotul roviah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) merupakan salah satu bentuk dari pendidikan nonformal, yang memberikan layanan kepada masyarakat untuk mengembangkan pendidikan dan keterampilan yang tidak terpenuhi di pendidikan formal. Tujuan pada penelitian ini yakni (1)mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit guna penanaman jiwa wirausaha pada peserta didik di SKB Ungaran (2)menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit guna penanaman jiwa wirausaha pada peserta didik di SKB Ungaran (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi faktor penghambat pada pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit guna penanaman jiwa wirausaha pada peserta didik di SKB Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian satu pengelola, satu instruktur, dan satu peserta kursus sebagai informan SKB Ungaran. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan serta trangulasi sumber dan metode. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni kegiatan dilaksanakan seminggu dua kali. Bahan/materi pembelajaran meliputi materi dasar hingga praktik dengan media yang digunakan bahan dan alat praktik, LCD+Proyektor, gambar-gambar, modul. Metode pembelajaran yang digunakan yakni ceramah, diskusi, tugas, demonstrasi, problem solving, tanya jawab serta latihan. Subjek pembelajaran yakni warga masyarakat Kabupaten Semarang yang telah memenuhi syarat untuk menjadi peserta kursus menjahit di SKB Ungaran. Evaluasi kursus yang lebih menekankan pada perubahan sikap, perilaku, dan keterampilan, untuk menjadi wirausaha melalui bimbingan dan dorongan yang diberikan selama proses pembelajaran. Faktor pendukung: saran dan prasarana, instruktur yang kompeten, jalinan kemitraan, minat peserta kursus, biaya gratis dan asrama. Faktor penghambat: latar belakang peserta, waktu pelaksanaan, tempat yang masih menjorok kedalam. Simpulan dari penelitian ini pada pelaksanaan pembelajaran kursus yang diselenggarakan untuk meningkatkan, pengetahuan, dan keterampilan menjahit agar berani menjadi wirausaha guna meningkatkan perekonomian, jumlah peserta kursus yang tidak menetap setiap kursus menjahit, namun kursus sudah terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran SKB Ungaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran kursus terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Saran untuk lembaga selanjutnya meningkatkan kedislipinan peserta kursus, serta materi yang diberikan diharapkan dapat selalu berkembang sesuai perkembangan zaman saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kursus, wirausaha,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 05:45
Last Modified: 13 Oct 2021 05:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47198

Actions (login required)

View Item View Item