PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IVA SDN 03 KUTOHARJO KABUPATEN KENDAL


Isnawati, 1401416117 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IVA SDN 03 KUTOHARJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi - Isna wati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran muatan IPS di sekolah dasar bertujuan mengembangkan konsep pemikiran sesuai dengan kondisi budaya di sekitar lingkungan siswa, sehingga dengan memperoleh pembelajaran IPS diharapkan menjadi bekal siswa untuk menjadi warga negara yang baik, saling mengharai akan perbedaan serta bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Data pra penelitian yang dilakukan di kelas IVA SDN 03 Kutoharjo menunjukkan terdapat permasalahan dalam pembelajaran muatan IPS yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah serta tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti mengembangkan media media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu teori Borg dan Gall dengan langkah�langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA SDN 03 Kutoharjo berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata kevalidan media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping dari kedua validator adalah 87% dengan kategori sangat valid. Uji t diperoleh menunjukkan Thitung yaitu 10.3140. Sedangkan Ttabel bernilai positif yaitu 2.0106 sehingga Thitung > Ttabel maka terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil pretest dan posttest dan didukung dengen uji-gain sebesar 0.31 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran muatan IPS materi keragaman budaya. Media pembelajaran Pocket Book berbasis Mind Mapping diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Keragaman Buday
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:27
Last Modified: 13 Oct 2021 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47196

Actions (login required)

View Item View Item