PENGEMBANGAN LATIHAN SPEED DRIBBLE MENGGUNAKAN PARACHUTE DRIBBLE PADA PERMAINAN BOLABASKET


Indah Permata Sari, 6301416018 (2020) PENGEMBANGAN LATIHAN SPEED DRIBBLE MENGGUNAKAN PARACHUTE DRIBBLE PADA PERMAINAN BOLABASKET. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LATIHAN SPEED DRIBBLE MENGGUNAKAN PARACHUTE DRIBBLE PADA PERMAINAN BOLABASKET] PDF (PENGEMBANGAN LATIHAN SPEED DRIBBLE MENGGUNAKAN PARACHUTE DRIBBLE PADA PERMAINAN BOLABASKET) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fakta di lapangan ketidakseimbangan antara proses latihan kemampuan dribble dengan kemampuan dribble pada permainan bolabasket, membuat lambatnya perkembangan kemampuan dribble setiap individu.Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengembangkan alat parachute dribble (2) mengetahui penggunaan produk parachute dribble (3) mengetahui kelayakan produk parachute dribble sesuai penilaian validator. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development, dengan data kualitatif dan kuantitatif. Menggunakan 5 kategori. Hal ini dilakukan agar didapat data yang empiris dan untuk menghasilkan alat Parachute Dribble yang layak digunakan. Hasil akhir pengembangan, alat dapat digunakan sebagai latihan mandiri dan dapat dikombinasikan dengan metode latihan yang lain. Hasil data skala kecil sebanyak 5 orang dari 3 aspek dan 26 pertanyaan diperoleh data sebesar 85,38% dan data skala besar dari 12 pengguna dengan 13 indikator alat yang telah dibuat oleh peneliti sebesar 88,07% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa alat Parachute Dribble sebagai alat bantu latihan speed dribble bolabasket yang dibuat oleh peneliti layak dan diterima oleh pelatih dan pengguna. Persentase rata-rata dari semua aspek berdasarkan penilaian ahli sesuai bidangnya, didapat persentase 82,30%, maka telah memenuhi kriteria Baik, dengan adanya saran perbaikan pada warna parachute dan kategori beban yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, alat Parachute Dribble, teknik dasar, speed dribble
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:12
Last Modified: 13 Oct 2021 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47193

Actions (login required)

View Item View Item