PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Ihsanul Hanif Adi Prasetya, 6101416036 (2020) PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020] PDF (PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum diketahui bakat olahraga dari siswa, belum diketahui kesesuaian minat dan bakat siswa. Bakat adalah potensi yang dimiliki untuk berprestasi dalam kegiatan atau cabang olahraga tertentu sedangkan minat olahraga berarti kecenderungan seseorang untuk memilih cabang olahraga yang menjadi keinginanya yang dilakukan secara terus menerus untuk mencapai tujuan. minimnya pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang pemanduan bakat metode sport search, serta pembinaan yang belum optimal. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bakat olahraga siswa SMP di Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020 dan kesesuaian dengan minat siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik mengumpulkan data menggunakan: (1) Tes bakat sport search di gunakan untuk mengetahui bakat yang dimiliki siswa, (2) Wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi hasil dari tes bakat sport search. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP di Kabupaten Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Pengolahan data menggunakan aplikasi software sport search. Dari hasil analisis data diperoleh sejumlah 58 siswa 34,7% peserta tes memiliki minat sesuai dengan bakatnya dan 109 siswa atau 65,3% peserta tes memiliki minat yang tidak sesuai dengan bakatnya. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa siswa SMP di Kabupaten Kendal memiliki berbagai bakat olahraga, namun sebagian dari potensi tersebut tidak sesuai dengan minat yang dimiliki siswa. Adapun saran dari peneliti yaitu agar proses pemanduan dan pembinaan bakat lebih ditingkatkan lagi untuk mengoptimalkan prestasi siswa. Dengan adanya penelitian ini harapanya agar menjadi sebuah referensi atau alternatif untuk proses pemanduan dan pengembangan bakat olahraga di Kabupaten Kendal dan daerah lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bakat Olahraga, Sport Search, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:51
Last Modified: 13 Oct 2021 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47191

Actions (login required)

View Item View Item