Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Konvensional Pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2008/2009


Rakhmawati Tri Setya, 2009 (2009) Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Konvensional Pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Konvensional Pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Konvensional Pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Tri Setya, Rakhmawati. 2009. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Konvensional Pada Pokok Bahasan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Drs. Kusmuriyanto, M.Si dan Drs. Subkhan. Kata Kunci: hasil belajar, persamaan akuntansi, metode NHT (Numbered Heads Together), metode konvensional Metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) merupakan teknik belajar mengajar kepala bernomor yang terdiri atas empat tahap. Dengan pembelajaran ini siswa diajak berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan berani mengungkapkan pendapatnya, serta dapat meningkatkan penguasaan materi. Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Bantarbolang diketahui bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga penguasaan materi dan nilai hasil belajar siswa kurang optimal hal ini dapat terlihat dari nilai ulangan siswa yang rendah. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar pelajaran akuntansi pokok bahasan persamaan akuntansi antara yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar pelajaran akuntansi pokok bahasan persamaan akuntansi antara yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang menggunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester I SMA Negeri 1 Bantarbolang tahun pelajaran 2008/2009 yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Analisis tahap awal menghasilkan kesimpulan bahwa kedua kelas berdistribusi normal, homogen. Berdasarkan hasil analisis tahap akhir uji kesamaan dua rata-rata, diperoleh hasil thitung(2.423)>ttabel(2.00) sehingga hipotesis dapat diterima yaitu adanya perbedaan hasil belajar pelajaran akuntansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari Uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen diperoleh thitung (4.077)>ttabel(2.0345) berarti kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Untuk kelas kontrol thitung(0.469)<ttabel(2.0423) yang berarti kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Simpulan yang diperoleh adalah ada perbedaan hasil balajar pelajaran akuntansi pokok bahasan persamaan akuntansi antara yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang menggunakan metode konvensional. Saran yang diberikan yaitu penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi serta guru harus dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap mata pelajaran akuntansi, menumbuhkan rasa kebersamaan, kerjasama dan mengembangkan sikap sosial dengan siswa lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, persamaan akuntansi, metode NHT (Numbered Heads Together), metode konvensional
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:02
Last Modified: 27 Sep 2011 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item