PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Ombak Tri Utama, 1401416444 (2020) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA  KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA  KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL)
Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan proses kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor yang peneliti ambil untuk dilakukan penelitian yaitu penglolaan kelas dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal yang berjumlah 216 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proporsionate startified random sampling, diperoleh sampel sebanyak 141 siswa. Teknik analisis prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Setelah data dinyatakan memenuhi analisis prasyarat, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2 ), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar Matematika kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,136 > 1,976), dengan pengaruh sebesar 11%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar Matematika kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (6,581 > 1,976), dengan pengaruh sebesar 23,8%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan hasil uji F sehingga diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (30,027 > 3,061), dengan pengaruh sebesar 30,3%. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dan fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Matematika kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Saran peneliti bahwa guru harus meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas dan pihak sekolah dapat menyediakan fasilitas belajar di kelas yang memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika, Pengelolaan Kelas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:24
Last Modified: 13 Oct 2021 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47189

Actions (login required)

View Item View Item