HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH PENDIDIKAN KONSERVASI DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ummi Firdaus, 1511415026 (2020) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH PENDIDIKAN KONSERVASI DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Naskah Skripsi Full Revisi - Ummi Firdaus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku lingkungan adalah perilaku untuk meminimalisirkan hal negatif dari tindakan yang dapat merusak alam. Hal yang dapat mempengaruhi perilaku pro lingkungan adalah persepsi terhadap konservasi. Cara pandang mengenai konservasi menjadikan seseorang memiliki perilaku pro lingkungan yang baik. Bentuk tindakan konservasi yang dapat dilakukan untuk membentuk perilaku pro lingkungan, salah satunya adalah pengadaan Matakuliah Pendidikan Konservasi bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Persepsi terhadap Matakuliah Pendidikan konservasi yang positif, akan membentuk perilaku pro lingkungan yang baik. Penelitian ini penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Jurusan Psikologi Unnes sebanyak 263 orang. Variabel penelitian ini adalah perilaku pro lingkungan dan persepsi mahasiswa terhadap Matakuliah pendidikan Konservasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala perilaku pro lingkungan sebanyak 40 aitem dan skala persepsi mahasiswa terhadap Matakuliah Pendidikan Konservasi sebanyak 40 aitem. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product momrnt dan uji reliabilitas dilakukan menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil uji validitas skala perilaku pro lingkungan dari 40 aitem terdapat 33 aitem valid dan 7 aitem tidak valid. Dengan sebaraan nilai validitas berkisar antara 0,313 sampai 0,751. Hasil uji validitas skala persepsi mahasiswa terhadap Matakuliah Pendidikan Konservasi dari 40 aitem terdapat 37 aitem valid dan 3 aitem tidak valid dengan sebaran nilai validitas berkisar antara -0,086 sampai 0,283. Hasil uji reliabilitas pada skala perilaku pro lingkungan sebesar 0,936 dan skala persepsi mahasiswa Terhadap Matakuliah Pendidikan Konservasi sebesar 0,922, metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik rank spearment. Korelasi memperoleh nilai r = 0,031 dengan taraf signifikansi atau p = 0,616 (p > 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap Matakuliah Pendidikan Konservasi (X) dengan perilaku pro lingkungan (Y). Hal ini menunjukkan, hipotesis yang diajukan yaitu adanya hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap matakuliah Pendidikan Konservasi dengan perilaku pro lingkungan mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang ditolak. 95, 82% mahasiswa Jurusan Psikologi Unnes memiliki perilaku pro lingkungan yang sedang, 99,24% mahasiswa Jurusan psikologi Unnes memiliki persepsi terhadap Matakuliah Pendidikan Konservasi yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Konservasi, Perilaku Pro Lingkungan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:50
Last Modified: 13 Oct 2021 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47186

Actions (login required)

View Item View Item