KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL


Mei Retno Indriani, 1401416468 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEI RETNO INDRIANI_1401416468 - Mei Retno Indriani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 masih berpusat pada dirinya (belum tepat) sehingga para peserta didik kurang memahami penerapan kurikulum tersebut dengan baik. Pembelajaran yang berpusat pada guru akan membuat peserta didik jenuh, dan kurang tertarik sehingga menurunkan sikap peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik adalah model picture and picture, yaitu model dengan mengurutkan gambar secara logis didalam satu kelompok. Tujuan penelitian, yaitu untuk menguji Keefektifan Model Picture and Picture ditinjau dari Sikap Sosial dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah peserta didik kelas V SD Negeri Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 47 peserta didik terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara untuk mengetahui data awal peserta didik, observasi digunakan untuk memeroleh data penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran, tes untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik, angket untuk mendapatkan data sikap sosial peserta didik. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Hasil uji hipotesis perbedaan sikap sosial menggunakan Indenpendent Sample t-test menunjukan thitung > ttabel (2,406 > 2,014) dan nilai signifikansi (0,020 < 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari sikap sosial menggunakan One Sample t-test menunjukan thitung > ttabel (2,956 > 2,074) dan nilai signifikansi (0,007 < 0,05). Hasil hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Indenpendent Sample t-test menunjukan thitung > ttabel (2,070 > 2,014) dan nilai signifikansi (0,044 < 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari hasil belajar menggunakan One Sample t-test menunjukan thitung > ttabel (2,691 > 2.074) dan nilai signifikansi (0,013 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model picture and picture efektif ditinjau dari sikap sosial dan hasil belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 dan 2 Pembelajaran 3 dan 4 muatan pelajaran IPS. Disarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan model picture and picture untuk meningkatkan sikap sosial dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Picture and Picture; Sikap Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:26
Last Modified: 13 Oct 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47185

Actions (login required)

View Item View Item