PENGARUH EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAKET C DI SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


IRSYAD FUADI, 1201415079 (2020) PENGARUH EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAKET C DI SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IRSYAD_FUADI[1] - Irsyad Fuadi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelititan ini adalah 1).Mengetahui adanya pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa 2).Mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap belajar siswa 3)Mengetahui adanya pengaruh latar belakang ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SKB Ungaran Kab.Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jumlah populasi adalah 69 peserta didik dengan menggunakan sampel 65. Adapun teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan teknik pegumpulan data menggunakan kuisioner. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase data analisis regresi berganda, uji multikolinealiritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh yang signifikan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai simultan (Uji T) bahwa diketahui besarnya t thitng 3,566 dan lebih besar dari ttabel yaitu 1,669 pada signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 maka pengujian yang dilakukan menolak Ho dan menerima Ha. Hipotesis kedua terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai simultan (Uji T) bahwa diketahui besarnya t thitng 3,566 dan lebih besar dari ttabel yaitu 1,669 pada signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 maka pengujian yang dilakukan menolak Ho dan menerima Ha. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh konomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai simultan (Uji F) menunjukan nilainya adalah 32,950 > F tabel yaitu 3,115 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat pengaruh positif antara ekonomi orang tua terhadap hasil belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar dan ekonomi orang tua didertai motivasi belajar terhadap hasil belajar Paket C di SKB Ungaran Kabupaten. Saran bagi anak adalah lebih meningkatkan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya terutama anak yang perekonomiaannya rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:30
Last Modified: 12 Oct 2021 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47182

Actions (login required)

View Item View Item