PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE-SEKBIN III KECAMATAN SONGGOM KABUPATEN BREBES


Iip Lailatul Kiftiyah, 1401416376 (2020) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE-SEKBIN III KECAMATAN SONGGOM KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Iip Lailatul Kiftiyah_1401416376_Skripsi Fix - Iip Lailatul Kiftiyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa mempunyai kedudukan penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman merupakan kemampuan seseorang dalam menangkap makna atau arti yang terkandung dalam suatu bacaan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan membaca pemahaman, di antaranya penguasaan kosakata dan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri se-Sekbin III Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 256 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis sampel penelitian proportionate stratified random sampling. Penentuan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 161 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,451 > 1,975) dengan pengaruh sebesar 20,7%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,638 > 1,975) dengan pengaruh sebesar 7,7%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (29,723 > 3,053) dengan pengaruh sebesar 27,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata dan minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri se-Sekbin III Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Saran dari penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan menumbuhkan rasa ketertarikan pada diri siswa terhadap buku bacaan. Sekolah diharapkan dapat melengkapi fasilitas dan sarana penunjang dalam kegiatan membaca. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian baru yang relevan dan mengungkapkan berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman; Minat Baca; Penguasaan Kosakata.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:25
Last Modified: 12 Oct 2021 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47177

Actions (login required)

View Item View Item