PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG SUSUN (TTSS) PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VB SDN WONOSARI 03 SEMARANG


Hastuti Maharani, 1401416107 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG SUSUN (TTSS) PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VB SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hastuti Maharani_1401416107 - gd maharani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pendidikan Sosial merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas V SDN Wonosari 03, Semarang, diketahui bahwa hasil belajar IPS materi masa penjajahan siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan Teka-Teki Silang Susun, menguji kelayakan media, serta menguji keefektifan media permainan Teka-Teki Silang Susun pada muatan peljaran IPS kelas V SDN Wonosari 03, Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg & Gall meliputi tahap mengumpulkan informasi dan memecahkan masalah, mengumpulan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, menguji coba produk. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan Uji normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 87,5% dan oleh ahli media diperoleh skor 90,6% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pembelajaran IPS, media permainan Teka-Teki Silang Susun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:18
Last Modified: 12 Oct 2021 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47176

Actions (login required)

View Item View Item