PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA
Hanifah Rofi Kristiya, 1401413088 (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan belajar meliputi bidang keilmuan dan pengetahuan (kognitif), bidang personal (afektif), serta bidang kelakuan (psikomotorik). Ada dua faktor yang memengaruhi hasil belajar di antaranya faktor internal dan eksternal. Fasilitas belajar dan efikasi diri merupakan faktor eksternal yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Adanya fasilitas yang memadai kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Siswa yang memiliki efikasi diri yang baik akan berhasil dalam kegiatan belajarnya dan dapat melakukan tugas-tugas akademiknya dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se- Dabin V Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri se-Dabin V Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, sebanyak 162 orang. Pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 116 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan kuesioner atau angket. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefesien determinan (R2), dan uji koefesien regresi secara bersama�sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan thitung>ttabel (4.075 ≥ 1,981); (2) ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan thitung>ttabel (4,480 ≥ 1,981); (3) ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan Fhitung>Ftabel (14.129 > 3,077); (4) besarnya pengaruh fasilitas belajar sebesar 12,7%;(5) besarnya pengaruh efikasi diri sebesar 15%;(6) besarnya fasilitas belajar dan efikasi diri siswa secara bersama-sama sebanyak 20%. Simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPS SD Negeri se- Dabin V Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat memberi bimbingan dan arahan untuk dapat meningkatkan fasilitas belajar dan efikasi diri siswa, karena berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, fasilitas belajar, hasil belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47174 |
Actions (login required)
View Item |