PEMBINAAN PRESTASI FUTSAL KOTA SURAKARTA PADA AJANG PEKAN OLAHRAGA PROVINS


Doa Dzatmiko Putro, 6211415012 (2020) PEMBINAAN PRESTASI FUTSAL KOTA SURAKARTA PADA AJANG PEKAN OLAHRAGA PROVINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI FUTSAL KOTA SURAKARTA PADA AJANG PEKAN OLAHRAGA PROVINS] PDF (PEMBINAAN PRESTASI FUTSAL KOTA SURAKARTA PADA AJANG PEKAN OLAHRAGA PROVINS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah tidak stabilnya perolehan medali pada ajang pekan olahraga Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2009 hingga 2018, tim futsal Porprov Kota Surakarta yang diisi oleh pemain-pemain yang sudah mumpuni dan sudah banyak mendulang prestasi, status sebagai tuan rumah, tim futsal Kota Surakarta belum juga bisa meraih medail emas. Jenis Penelitian ini deskrptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah pengurus AFK Kota Srakarta, pelatih tim futsal Porprov Kota Surakarta, atlet futsal Porprov Kota Surakarta, dan tim futsal yang ada di Kota Surakarta. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah peran dan pembinaan yang dilakukan oleh AFK Surakarta sudah sesuai dan terstruktur. Peran yang dilakukan oleh AFK kota Surakarta antara lain: menyediakan sarana dan prasarana, pendanaan, perekrutan pemain, perekrutan pelatih. Pembinaan yang dilakukan AFK kota surakartan untuk mencapai prestasi puncak di ajang porprov antara lain : Pembinaan atlet, pembinaan pelatih, pembibitan, pendanaan, tahap prestasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah peran dan pembinaan AFK Kota Surakarta di ajang Porprov sudah baik karena menyediakan pelatih berlisensi, pencarian atlet berbakat, dan pendanaan yang tepat waktu, program latihan yang baik. Namun AFK kota Surakarta masih mempunyai kekurangan yaitu belum bisa menyediakan lapangan berstandar FIFA. Tim futsal kota Surakarta belum mampu mendulang prestasi karena adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil porprov tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaan prestasi, tim futsal, porprov
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:22
Last Modified: 12 Oct 2021 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47172

Actions (login required)

View Item View Item