PENGEMBANGAN MEDIA VITTA (VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN) UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 WEDUNG


AHMAD ASSYA’I, 6211413070 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VITTA (VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN) UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 WEDUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA VITTA (VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN) UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 WEDUNG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VITTA (VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN) UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 WEDUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media merupakan perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke pengirim pesan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) seharusnya akan mempermudah proses distribusi dan pengembangan media. Namun pada kenyataannya pengembangan media dalam dalam bidang olahraga masih minim.contoh permainan handball atau bola tangan dalam bahasa Indonesia yang sudah berkembang di kota-kota besar dan lingkungan akademik di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan produk pengembangan media VITTA (video tutorial teknik dasar bola tangan) yang tepat untuk siswa ekstrakulikuler di SMA 1 Wedung yang berkualitas dan mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah penelitian ini yaitu (1) Pendahuluan;(2) Pengembangan produk awal; (3) Validasi produk; (4) revisi produk; (5) Tahap ujicoba pemakaian; (6) Revisi Produk (7) produksi akhir. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan difokuskan untuk menghasilkan produk video tutorial teknik dasar bola tangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model deskriptif prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk tertentu, Penelitian ini dilakuakan di SMA Negeri 1 Wedung. Produk yang dihasilkan dinamakan VITTA (Video Tutorial Teknik Dasar Bola Tangan) untuk siwa SMA Negeri 1 Wedung dalam bentuk soft file, flash disk, Mp4 dan Compact Disk (CD). Dari hasil uji coba operasional terhadap 30 siswa SMA Negeri 1 Wedung bahwa penilaian VITTA (Video Tutorial Teknik Dasar Bola Tangan) dari aspek isi/materi berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 orang), “kurang” sebesar 0% (0 orang), “sedang” sebesar 26,67% (8 orang), “baik” sebesar 30% (9 orang), dan “sangat baik” sebesar 43,33% (13 orang). Secara keseluruhan 13 dari 30 (43,3%) siswa memberikan penilaian sangat baik jika dikonversikan dengan tabel distribusi frekuensi yang sudah dibuat. Artinya ada 13 siswa dari 30 siswa menyatakan bahwa produk VITTA sudah memenuhi kebutuhan siswa sebagai media latihan atau pembelajaran. Melalui video tutorial ini dapat menjelaskan secara lebih spesifik tentang tutorial teknik dasar olahraga bola tangan, sehingga siswa akan lebih memahami VITTA. Penilaian kelayakan VITTA (Video Tutorial Teknik Dasar Bola Tangan) untuk siswa SMA Negeri 1 wedung dilihat dari hasil uji ahli. Menurut ahli materi, memperoleh persentase sebesar 88,8% dalam kategori sangat layak. Menurut ahli media memperoleh persentase sebesar 92,8% dalam kategori sangat layak. Sementara penilaian siswa dalam ujicoba kelompok kecil mendapat nilai “baik”, dan penilaian uji coba lapangan atau opereasional mendapat nilai “sangat baik” sehingga dapat dikatakan perangkat penilaian layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Media video tutorial, Bola Tangan, VITTA
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:42
Last Modified: 12 Oct 2021 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47168

Actions (login required)

View Item View Item