SURVEY PENILAIAN PROSES PERTANDINGAN TIM BOLA VOLI PADA EVENT PROLIGA PUTARAN I MINGGU KE 2 TAHUN 2020


Febilia Nova Tiana, 6101416008 (2020) SURVEY PENILAIAN PROSES PERTANDINGAN TIM BOLA VOLI PADA EVENT PROLIGA PUTARAN I MINGGU KE 2 TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEY PENILAIAN PROSES PERTANDINGAN TIM BOLA VOLI PADA EVENT PROLIGA PUTARAN I MINGGU KE 2 TAHUN 2020] PDF (SURVEY PENILAIAN PROSES PERTANDINGAN TIM BOLA VOLI PADA EVENT PROLIGA PUTARAN I MINGGU KE 2 TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Proliga bola voli 2020 adalah kasta tertinggi bolavoli profesional di Indonesia terobosan bagi para atlet untuk meningkatkan prestasi dan debutnya dikancah pervolian. Penguasaan dalam permainan bolavoli harus benar-benar diperhatikan sebab teknik dasar dalam permainan bolavoli merupakan salah satu unsur yang menentukan menang kalahnya suatu regu atau tim bola voli dalam suatu permainan, disamping kondisi fisik, taktik dan mental juga menentukan. Karena bolavoli merupakan permainan beregu yang harus mengedepankan kekompakan dan kerjasama dalam suatu tim juga membutuhkan taktik/strategi yang baik untuk suatu kemenangan dalam pertandingan Proliga 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pencapaian pertandingan peserta Proliga pada event Proliga Putaran I Minggu ke 2 Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet tim Proliga putra-putri yang berjumlah 176 atlet. Instrumen penelitian ini menggunakan metode observasi. Analisis data menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian meliputi pencapaian kinerja peserta proliga pada proses pertandingan bolavoli pada event Proliga putaran I Minggu ke 2 tahun 2020 dengan aspek fisik, aspek teknik, aspek taktik/strategi, aspek mental/psikologis, kerjasama dan kekompakan, pengalaman bertanding, aspek kompetisi, teori istirahat, teori perilaku dengan rata-rata mendapatkan hasil rata-rata tiap tim melakukan pergantian pemain sebanyak 12 kali dalam satu klasemen ini, memanfaatkan time outsebanyak 9 kali dalam satu klasemen, hampir semua tim tidak melakukan pelanggaran/peringat berlebih yang melanggar kode etik atlet dalam suatu pertandingan pada klasemen ini, rata-rata score yang diperoleh oleh tiap tim adalah 57 point, dan tim paling yang unggul pada klasemen ini pada kategori putra adalah Tim Jakarta Pertamina Energi dengan score yang diperoleh 185 point dan untuk klasemen putri adalah Tim Jakarta Pertamina dengan perolehan score 225 point, pada klasemen ini menjadi kubu kemenangan dari Tim Jakarta Pertamina Energi. Simpulan dari penelitian ini adalah kriteria kemenangan tim bukan hanya ditinjau dari segi fisik saja melainkan dengan banyaknya aspek guna untuk mencapai hasil akhir tiap putaran. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan aspek taktik atau strategi terhadap para peserta Proliga dan meningkatkan aspek mental atau psikologis pada para atlet peserta Proliga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Proses, Bola voli, Proliga Bolavoli 2020.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:10
Last Modified: 12 Oct 2021 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47163

Actions (login required)

View Item View Item