Survei Tingkat Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga SKRIPSI


Fauzi Adnan Ramadhan, 6101416026 (2020) Survei Tingkat Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Tingkat Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga SKRIPSI] PDF (Survei Tingkat Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Agar masyarakat berpartisipasi dalam melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga tingkat kebugaran jasmani, maka diperlukan fasilitas atau sarana prasarana yang dapat diakses masyarakat secara luas. Masalah penelitian bagaimana Tingkat Partisipasi dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian untuk mengetahui Tingkat partisipasi dan kebugaran jasmani masyarakat Dalam Pembangunan Olahraga di Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket dan tes. Variabel bebas dalam penelitian pembangunan olahraga, sedangkan variabel terikatnya partisipasi dan kebugaran jasmani masyarakat. Populasi masyarakat pelaku aktivitas olahraga yaitu sepak bola 20 orang, bola voli 7 orang, bulutangkis 4 orang, atletik 4 orang, senam 11 orang, basket 1 orang, renang 4 orang, dan lainnya 39 orang jumlahnya 90 orang. Sampel dalam penelitian masyarakat pelaku aktivitas olahraga yaitu sepak bola 20 orang, bola voli 7 orang, bulutangkis 4 orang, atletik 4 orang, senam 11 orang, basket 1 orang, renang 4 orang, dan lainnya 39 orang jumlahnya 90 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian adalah total sampling. Analisa data dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Sport Development Index. Hasil penelitian tingkat partisipasi masyarakat dari 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bojongsari memperoleh hasil 0,56 masuk dalam kategori menengah, Kecamatan Bukateja memperoleh hasil 0,5 masuk dalam kategori menengah, dan Kecamatan Purbalingga memperoleh hasil 0,53 masuk dalam kategori menengah. hasil tingkat kebugaran jasmani masyarakat dari 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bojongsari memperoleh hasil 0,29 masuk dalam kategori rendah, Kecamatan Bukateja memperoleh hasil 0,5 masuk dalam kategori menengah, dan Kecamatan Purbalingga memperoleh hasil 0,2 masuk dalam kategori rendah. Simpulan penelitian tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Purbalingga dengan indeks 0,53 masuk dalam kategori menengah. Tingkat kebugaran jasmani masyarakat Kabupaten Purbalingga dengan indeks 0,33 masuk dalam kategori rendah. Saran dari peneliti yaitu 1) perlu mengadakan kegiatan yang bisa menarik minat dan partisipasi masyarakat dalam berolahraga 2) perlu mengadakan tes kebugaran jasmani secara berkala untuk memantau tingkat kebugaran jasmani masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Kebugaran Jasmani, Pembangunan Olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:12
Last Modified: 11 Oct 2021 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47162

Actions (login required)

View Item View Item