MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020


FATHUR ABI ERSANDA, 6102416076 (2020) MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sekian banyak cabang olahraga yang ada, futsal adalah salah satu olahraga yang popular dan banyak dimainkan oleh masyarakat. Mulai dari anak – anak hingga usia dewasa. Olahraga ini sangat digemari karena dapat dilakukan didalam ataupun di luar ruangan. Sehingga banyak pengusaha di Kabupaten Semarang mendirikan usaha penyewaan lapangan futsal. Fokus permasalahan penelitian ini “Bagaimana manajemen pengelolaan lapangan futsal di Kabupaten Semarang tahun 2020?” tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen pengelolaan lapangan futsal di Kabupaten Semarang dan mengetahui bagaimana fakotr pendukung dan penghambat dalam mengelola lapangan futsal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu mengumpulkan data yang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik, pengelola, dan pelanggan. Lokasi penelitian dilakukan di enam tempat lapangan futsal yang ada di Kabupaten Semarang yaitu Astina Sport Center, Arista Sport Center, Humaira Coffie&Futsal, Stadium Futsal, Gadjol Futsal dan Planet Futsal. Hasil penelitian diperoleh data yaitu perencanaan (planning) di keenam lapangan futsal di Kabupaten Semarang sudah cukup baik dalam pengadaan fasilitas dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk berbisnis, memberikan fasilitas dan mamajukan olahraga futsal di Kabupaten Semarang. Pengorganisasian (Organizing) masih kurang, dari enam lapangan futsal hanya dua yang memiliki struktur organisasi yang berfungsi mengelola fasilitas futsal. Penggerak (Actuating) setiap lapangan futsal memiliki keunggulan masing – masing, selain itu pengelola melakukan usaha promosi untuk menarik para pelanggan. Pengawasan (Controling) dilakukan secara rutin utnuk mengontrol kinerja karyawan dalam melakukan tugasnya. Data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pengelolaan lapangan futsal di Kabupaten Semarang tahun 2020 dikatakan cukup namun masih kurang karena fungsi manajemen belum berjalan dengan baik. Saran untuk pemilik lapangan futsal di Kabupaten Semarang membentuk struktuk organisasi agar pengelolaan lapangan futsal dapat berjalan dengan baik, serta mengadakan inovasi untuk meningkatkan kualitas lapangan futsal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengelolaan, Futsal
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:48
Last Modified: 11 Oct 2021 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47161

Actions (login required)

View Item View Item