KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS DI TINJAU DARI MINAT DAN KREATIVITAS SISWA MATERI MENGGAMBAR IMAJINATIF KELAS III SD N PAGONGAN 1 KABUPATEN TEGAL


Gita Roikhatul Jannah, 1401416273 (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS DI TINJAU DARI MINAT DAN KREATIVITAS SISWA MATERI MENGGAMBAR IMAJINATIF KELAS III SD N PAGONGAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Gita Roikhatul Jannah_1401416273_SKRIPSI - Gita Roikhatul.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan adalah guru masih kurang inovatif dalam menerapkan metode pembelajaran, sehingga siswa mulai cepat jenuh dan bosan, bahkan tidak jarang kondisi kelas menjadi gaduh. Dengan metode ekspresi dapat memberi keleluasaan kepada siswa untuk mengekspresikan perasaannya ke dalam penciptaan karya seni. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keefektifan metode eksprsi bebas ditinjau dari minat dan kreativitas siswa materi menggambar imajinatif kelas III SD Negeri Pagongan 1 Kabupaten Tegal. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD N Pagongan 1 Kabupaten Tegal. Jumlah anggota populasi sebanyak 49 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis menggunakan uji-t yaitu Independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t-test. Pengujian hipotesis uji perbedaan berdasarkan hasil pengujian independent sample t-test variabel minat belajar, thitung>ttabel (7,029 > 2,013) dan kreativitas siswa thitung>ttabel (4,089 > 2,013). Hal ini menunjukan terdapat perbedaan minat belajar dan kreativitas siswa yang menggunakan metode ekspresi bebas dan konvensional. Pengujian hipotesis uji keefektifan berdasarkan hasil pengujian one sample t-test variabel minat belajar, thitung>ttabel (9,821 > 2,064) dan kreativitas siswa thitung>ttabel (5,475 > 2,064). Kesimpulannya bahwa penerapan metode ekspresi bebas efektif ditinjau dari minat belajar dan kreativitas siswa materi menggambar imajinatif kelas III SD Negeri Pagongan 1 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Ekspresi Bebas; Minat Belajar; Kreativitas Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:01
Last Modified: 11 Oct 2021 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47158

Actions (login required)

View Item View Item