ANALISIS TINGKAT KECEMASAN PASCA CIDERA ENGKEL PADA ATLET BOLA VOLLY


Ednanda Satria Wibowo, 6211415096 (2020) ANALISIS TINGKAT KECEMASAN PASCA CIDERA ENGKEL PADA ATLET BOLA VOLLY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TINGKAT KECEMASAN PASCA CIDERA ENGKEL PADA ATLET BOLA VOLLY] PDF (ANALISIS TINGKAT KECEMASAN PASCA CIDERA ENGKEL PADA ATLET BOLA VOLLY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemain tidak percaya diri dalam bermain karena pernah mengalami cidera dan takut cidera kembali kambuh saat pertandingan. Tekanan dari penonton atau team lain membuat pemain merasa tertekan dan cemas. Kecemasan pemain setelah mengalami cidera sering muncul sebelum bertanding. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kecemasan pemain pasca cidera engkel pada atlet bola volley di Kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode ini menggunakan survey dan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini seluruh atlet volley laki-laki club di Kota Semarang, sampel penelitian ini berjumlah 30 pemain. Variabel penelitian meliputi variable kecemasan atlet pasca cidera engkel dengan indicator Instrinsik dan Ekstrinsik. Instrumen kuisioner menggunakan skala Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian deskriptif kuantitatif frekuensi terbanyak terdapat pada kategori Rendah dengan 11 orang atau 36,7%, selanjutnya pada kategori Tinggi dengan 6 orang atau 20% responden dan Rendah yaitu sebesar 23,3%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dan pembahasannya tingkat kecemasan pemain Bola Volley club di Kota Semarang setelah mengalami cidera berada pada kategori, ”Sedang”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, instrinsik, ekstrinsik, cidera engkel, pemain bola volley.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:10
Last Modified: 11 Oct 2021 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47157

Actions (login required)

View Item View Item