PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTU VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR KESETARAAN PAKET C KELAS XII PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PKBM BINA ILMU


Marcellina Sapta Wulan, 1201416039 (2021) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTU VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR KESETARAAN PAKET C KELAS XII PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PKBM BINA ILMU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FULL DRAFT SKRIPSI - MARCELLINAÊ SAPTA WULAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan faktor yang berpengaruh dalam belajar, minat tersebut penting dalam kegiatan belajar. Penggunaan metode belajar yang kurang sesuai dapat menyebabkan rendahnya minat belajar. Metode belajar yang menarik dibutuhkan untuk merangsang dalam kegiatan belajar. Metode demonstrasai berbantu video menjadi pilihan alternatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar paket c kelas XII dan untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode demonstrasi berbantu video terhadap minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Populasi penelitian ini adalah warga belajar paket C kelas XII sebanyak 50 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dan diperoleh 44 warga belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan Angket/Kuesioner dan dokumentasi. Angket/kuesioner menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan Inferensial dengan alat bantu alikasi SPSS (Statistical Program Of Social Sciense) v.22 for window. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan minat belajar awal dan akhir dari warga belajar yaitu sebelum dan sesudah menerapkan metode demonstrasi berbantu video. Pada perolahan nilai rata – rata menunjukan minat belajar akhir lebih tinggi dari minat belajar awal yaitu sebesar 97,75 > 76,20. Kemudian hasil uji paired sample t-test pada signifikansi 5% (0,05) diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dan dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 18,946 > 1,681. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penggunaan metode demonstrasi berbantu video terhadap minat belajar paket C kelas XII pada pelajaran Bahasa Inggris di PKBM Bina Ilmu. Sehingga disarankan bagi tutor supaya dapat menerapkan metode demonstrasi berbantu video sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran untuk meningkatkan minat warga belajar. Peneliti berharap untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap faktor belajar yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Metode Demonstrasi, Media Audio Visual, Program Kesetaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:40
Last Modified: 11 Oct 2021 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47150

Actions (login required)

View Item View Item