ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SEMARANG
Siti Ida Irawati, 7101416328 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Karakter dan kemampuan belajar siswa yang berbeda merupakan tugas guru dalam mengenali serta memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pada pelajaran teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Se�Kabupaten Semarang terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi aplikasi pengolah angka yang mengharuskan siswa untuk mengetahui banyak rumus perhitungan, pengaturan penulisan, pengaturan kolom, dan mencetak hasil kerja. Kasulitan belajar siswa tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kemampuan inteligensi yang dimilikisiswa, tetapi hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh adanya faktor internal, faktok eksternal, dan faktor pendekatan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai faktor-faktor kesulitan belajar siswayangbertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dan faktor yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi sejumlah 77 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampling jenuh. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis faktor dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 33 variabel independenterbentuk lima faktor baru yaitu faktor keluarga dan minat, faktor sekolah dan masyarakat, faktor psikologis dan metode mengajar, faktor kelelahan, dan faktor fungsi jasmani. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar teknologi perkantorankelas X OTKP di SMK Se-Kabupaten Semarang adalah faktor keluarga dan minat siswa dengan nilai eigenvalue 6,253. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis faktor yang membentuk lima faktor baru yaitu faktor keluarga dan minat siswa, faktor sekolah dan masyarakat, faktor psikologis dan metode mengajar, faktor kelelahan, dan faktor fungsi jasmani. Faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga dan minat siswa yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran teknologi perkantoran siswa kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran di SMK Se�Kabupaten Semaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Teknologi Perkantoran, Analisis Faktor |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1 |
Depositing User: | khrisna pci perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47149 |
Actions (login required)
View Item |