PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK 5–6 TAHUN DI TK ABA DARUSSALAM BANYUDONO DUKUN


Fatma Sania Hartanti, 1601416075 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK 5–6 TAHUN DI TK ABA DARUSSALAM BANYUDONO DUKUN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FATMA SANIAH - iga wigunani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kerjasama anak pada anak usia dini sangat penting sebagai bekalnya nanti. Pada masa ini anak akan lebih mudah menyerap rangsangan yang diterima dari lingkungan sekitar. Pengenalan kerjasama anak sangat tepat dikenalkan pada usia dini. salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerjasama anak adalah dengan metode pembelajaran yang baru. Melalui metode group investigation diharapkan dapat membantu anak dalam mengembangkan kerjasama anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kerjasama anak melalui tipe group investigation pada usia 5-6 Tahun di TK ABA Darussalam Banyudono Dukun Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah semua siswa yang ada di TK ABA Darussalam Banyudono Dukun . Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B1 dan B2 sebanyak 30 anak. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purpose Sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala kemampuan kerjasama, sedangkan analisis data menggunakan metode Paired Sample t-Test dan teknik presentase. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh nilai – tabel> t hitung > t tabel, yaitu (-2.045 > -38.674 atau 38.674 > 2.045), dengan nilai Sig = 0. 000 atau Sig. (2- tailed) < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kerjasama anak usia dini di TK ABA Darussalam Banyudono Dukun setelah diterapkan tipe group investigation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kerjasama anak, tipe group investigation, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:25
Last Modified: 11 Oct 2021 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47148

Actions (login required)

View Item View Item