PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE-DABIN VII KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Arfian Pengkuh Maulana, 1401416099 (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE-DABIN VII KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Draft Skripsi Arfian Pengkuh Maulana 1401416099 - arfian pengkuh Maulana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan yang dialami siswa karena adanya pengalaman belajar dan kemampuan yang belum dimiliki siswa sebelumnya. Terdapat dua faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yang sedang belajar, salah satunya adalah kedisiplinan. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor luar yang bersumber dari luar diri siswa yang sedang belajar, salah satunya adalah lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD se-Dabin VII Cipto Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 152. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket tertutup, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasayat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, koefisien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar IPS dengan perolehan nilai thitung > ttabel (103,348 > 1,976) dengan sumbangan pengaruh yang diberikan variabel kedisiplinan terhadap hasil belajar IPS sebesar 98,6%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS dengan perolehan nilai thitung > ttabel (9,819> 1,976), dan sumbangan pengaruh yang diberikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 39,1%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS, perolehan nilai Fhitung > Ftabel (5,322 > 3,063), dengan sumbangan pengaruh mencapai 98,6% . Simpulan dari peneletian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS. Guru diharapkan dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, agar siwa dapat meraih hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kedisiplinan, Lingkungan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:13
Last Modified: 11 Oct 2021 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47143

Actions (login required)

View Item View Item