HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER LENGAN DENGAN HASIL FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS (Survei Pada Atlet Umur 14 -16 Tahun Putra Purwodadi Tenis Club Tahun 2019)


Dheka Akbar Prasetyo, 6101415061 (2020) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER LENGAN DENGAN HASIL FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS (Survei Pada Atlet Umur 14 -16 Tahun Putra Purwodadi Tenis Club Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER LENGAN DENGAN HASIL FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS (Survei Pada Atlet Umur 14 -16 Tahun Putra Purwodadi Tenis Club Tahun 2019)] PDF (HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER LENGAN DENGAN HASIL FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS (Survei Pada Atlet Umur 14 -16 Tahun Putra Purwodadi Tenis Club Tahun 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Berdasarkan kemampuan atlet tenis putra klub Purwodadi tidak semua atlet dapat melakukan forehand groundstroke dengan keras dan akurat dan kondisi fisik atlet untuk kekuatan tangan dan power lengan kurang terlatih sehingga pukulan kurang mematikan/kurang akurat. Tujuan masalah penelitian ini adalah: Menguji hubunga kekuatan otot tangan, menguji hubungan power lengan dan menguji hubungan antara kekuatan otot tangan dan power lengan dengan hasil forehand groundstroke pada atlet tenis umur 14-16 tahun putra Purwodadi tenis club tahun 2019. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi pengujian hipotesis dengan menggunakan metode one-shoot case study sury. Sampel penelitian ini 16 atlet putra menggunakan total sampling. Metode penelitian menggunakan tes. Instrument tes yang digunakan adalah: Hand grip dynamometer, Lempar bola medicinball danTes hevit. Teknik analisis data menggunakan korelasi dan regresi berganda dengan 2 variabel bebas yaitu kekuatan otot tangan(x1), power lengan(x2) dan sebagai variabel terikatnya adalah hasil pukulan forehand(Y). Analisis data menggunakan taraf signifikan 5% diketahui: 1) Hubungan kekuatan otot tangan terhadap hasil forehand groundstroke sebesar 57, 3%. 2) Hubungan power lengan terhadap forehand groundstroke sebesar 78,7%. 3) Hubungan kekuatan otot tangan dan power lengan dengan hasil forehand groundstroke sebesar 78, 7%. Simpulan penelitian adalah 1) Ada hubungan antara kemampuan kekuatan otot tangan. 2) Ada hubungan antara power lengan. 3) Ada hubungan antara kemampuan kekuatan otot tangan dan power lengan dengan hasil groundstroke forehand. Saran kepada pelatih tenis. 1) Sebaiknya memberikan latihan yang dapat meningkatkan otot tangan untuk memegang grip supaya lebih kuat dan akurat. 2) Sebaiknya memberikan model latihan yang bervariasi agar atlet tidak jenuh saat latihan untuk meningkatkan kekuatan dan power lengan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Tangan, Power Lengan dan Groundstrok Forehand
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:14
Last Modified: 11 Oct 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47142

Actions (login required)

View Item View Item