PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Devi Marvianti, 1401416220 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of DEVI MARVIANTI_1401416220 DRAFT SKRIPSI LENGKAP - Devi Marvianti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal yang masih belum optimal atau masih banyak yang belum mencapai KBM, sehingga belum sesuai target. Hal tersebut dikarenakan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa berbeda-beda, dengan demikian perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, serta hasil belajar siswa. Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 246 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis data pada penulisan ini menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uju heteroskedastisitas, serta uji analisis akhir menggunakan analisis jalur yang terdiri dari koefisien determinasi (R2 ), signifikansi keseluruhan dari regresi sampel (statistik F), signifikansi parameter individual (statistik t), uji sobel. Hasil penulisan menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,439 > 1,976), besarnya sumbangan pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar matematika tersebut sebesar 10,8%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar thitung > ttabel (6,97 > 1,976), besarnya sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar tersebut sebesar 23,7%; (3) terdapat pengaruh mediasi yang tidak signifikan dari kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar karena nilai thitung < ttabel (0,0283 < 1,976) dengan signifikansi 0,4418 > 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (36,25 > 3,06) dengan nilai signifikansi 0,000 dengan besarnya sumbangan pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar adalah sebesar 31,7%. Guru hendaknya meningkatkan kompetensi pedagogik yang telah dimiliki, sekolah dapat memberikan dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, dan bagi peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai landasan empiris untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kompetensi pedagogik; motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:01
Last Modified: 11 Oct 2021 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47140

Actions (login required)

View Item View Item