HUBUNGAN ANTARA INFORMASI DUNIA KERJA DAN KESIAPAN KERJA SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 TEGAL


Catur Ramadhony Sulistian, 1301414064 (2020) HUBUNGAN ANTARA INFORMASI DUNIA KERJA DAN KESIAPAN KERJA SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Catur Ramadhony Sulistian_1301414064 - Novera S.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMK Negeri 2 Tegal yang menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat pemahaman dunia kerja yang rendah. Faktor yang mempengaruhi pemahaman dunia kerja diantaranya informasi dunia kerja dan kesiapan kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat informasi dunia kerja dan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Tegal jurusan teknik komputer dan jaringan, serta membuktikan adanya hubungan diantara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Kota Tegal yakni berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 144 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis dan kuesioner. Alat yang digunakan adalah kuesioner informasi dunia kerja dan skala kesiapan kerja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pengetahuan informasi dunia kerja siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Tegal termasuk dalam kategori sedang, (2) tingkat kesiapan kerja siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Tegal termasuk dalam kategori sedang, (3) hasil nilai korelasi sebesar (rxy = 0,254, p = 0,002) dapat diketahui antara informasi dunia kerja dan kesiapan kerja memiliki p 0,002 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah Terdapat hubungan antara informasi dunia kerja dan kesiapan kerja siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Tegal. Saran yang dapat diberikan hendaknya Guru BK dapat menindaklanjuti misalnya dengan melakukan kerjasama dengan pihak Bursa Kerja Khusus (BKK) atau meningkatkan layanan bimbingan karir sebagai salah satu alternatif peningkatan pengetahuan informasi dunia kerja yang dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: informasi dunia kerja, kesiapan kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:35
Last Modified: 11 Oct 2021 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47137

Actions (login required)

View Item View Item