MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERAKTIVITAS OLAHRAGA DI CAR FREE DAY ALUN-ALUN KABUPATEN DEMAK


MOETIA PRABAWATI, 6102416070 (2020) MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERAKTIVITAS OLAHRAGA DI CAR FREE DAY ALUN-ALUN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERAKTIVITAS OLAHRAGA DI CAR FREE DAY ALUN-ALUN KABUPATEN DEMAK] PDF (MOTIVASI MASYARAKAT DALAM BERAKTIVITAS OLAHRAGA DI CAR FREE DAY ALUN-ALUN KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian berdasarkan tingginya antusias masyarakat yang beraktivitas olahraga di Car Free Day Alun-alun Kabupaten Demak serta penentuan waktu kegiatan car free day yang diatur sedemikian rupa oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi masyarakat dalam beraktivitas olahraga di Car Free Day Alun-alun Kabupaten Demak dan prosentase motivasi masyarakat dalam beraktivitas olahraga sesuai dengan teori kebutuhan menurut Abraham Maslow. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Alun-alun Kabupaten Demak dengan sasaran penelitian adalah masyarakat yang beraktivitas olahraga di car free day. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner. Teknik penarikan sampel menggunakan sampling kuota. Penghitungan dengan menggunakan rumus prosentase menunjukkan bahwa motivasi masyarakat melakukan aktivitas olahraga karena kebutuhan fisiologis memiliki prosentase sebesar 24,28%, kebutuhan rasa aman sebesar 22,62%, kebutuhan sosial sebesar 19,93%, kebutuhan penghargaan sebesar 11,05%, dan kebutuhan aktualisasi diri sebesar 22,12%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tertinggi yang melatarbelakangi masyarakat dalam beraktivitas olahraga di car free day Alunalun Kabupaten Demak karena kebutuhan fisiologis sebesar 24,28% dan motivasi terendah adalah kebutuhan penghargaan sebesar 11,05%. Dari hasil pengidentifikasian ini maka masyarakat diharapkan lebih menyeimbangkan semua kebutuhan agar tidak berat sebelah di salah satu kebutuhan saja agar tercipta kondisi yang lebih baik. Bagi pemerintah daerah lebih memperbanyak fasilitas kebersihan seperti tempat sampah dan tempat cuci tangan dan untuk penyelenggara tetap memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat semakin termotivasi untuk berolahraga di Car Free Day Alun-alun Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Masyarakat, Aktivitas Olahraga, Car Free Day
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:39
Last Modified: 11 Oct 2021 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47136

Actions (login required)

View Item View Item