ANALISIS MINAT SISWA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI MARAKNYA AKSES GAME ONLINE DI KALANGAN PELAJAR


GALANG RAKA PRIAMBUDHI, 6102416069 (2020) ANALISIS MINAT SISWA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI MARAKNYA AKSES GAME ONLINE DI KALANGAN PELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MINAT SISWA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI MARAKNYA AKSES GAME ONLINE DI KALANGAN PELAJAR] PDF (ANALISIS MINAT SISWA SD NEGERI WONOSARI 03 KOTA SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI MARAKNYA AKSES GAME ONLINE DI KALANGAN PELAJAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani salah satu kunci suksesnya adalah minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Tetapi kenyataannya sering ditemui bahwa motivasi dan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani masih kurang. Di samping itu game online saat ini sangat pesat berkembang dan begitu tinggi diakses terutama pada kalangan pelajar. Banyak sumber menyebutkan bahwa akses game online berdampak pada psikologi siswa terkait dengan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di tengah tingginya akses game online di kalangan pelajar. tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani ditinjau dari maraknya akses game online di kalangan pelajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif kausal. Lokasi penelitian di SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa berjumlah 391. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 80 siswa sebagai sampel dengan kriteria siswa yang bermain game online. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Dengan instrumen berupa angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan analisis regresi linier sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani rata-rata adalah sedang sebanyak 35 responden atau sebesar 43,75% dan minat rendah sebanyak 22 responden atau sebesar 27,5%, aktivitas bermain game online responden rata-rata adalah tinggi sebanyak 41 responden atau sebesar 51,25%. Hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan output uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0.05), yang artinya terdapat pengaruh dari aktifitas bermain game online terhadap minat siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani. Artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani cenderung menurun dan salah satu faktornya adalah akses game online. Saran yang diberikan peneliti yaitu: 1) Bagi Orang tua diharapkan lebih aktif dan intens dalam mengawasi dan membatasi anak dalam bermain game online agar terhindar dari dampak-dampak negatif game online. 2) bagi pihak sekolah diharapkan memberikan arahan dan pengertian kepada siswa dan orang tua siswa tentang dampak-dampak dari akses game online kepada siswa, agar tidak berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Minat Siswa, Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:08
Last Modified: 11 Oct 2021 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47135

Actions (login required)

View Item View Item