KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN MARGADANA 03 KOTA TEGAL
Nafisatur Rizqiyah, 1401416187 (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN MARGADANA 03 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang penting dan mendasar bagi guru dalam pelaksanaan tugas keprofesionalannya, terutama tugas dalam mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik. Penelitian ini membahas mengenai kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV SDN Margadana 03. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik, (2) mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan melakukan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran tematik secara keseluruhan sudah baik. Guru dapat memahami karakteristik peserta didik, mampu menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran mendidik, melaksanakan pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan pengembangan potensi peserta didik dan melaksanakan evaluasi dan penilaian. Faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik antara lain kurangnya motivasi dan konsentrasi belajar peserta didik, kurangnya kemampuan peserta didik dan menggali informasi yang disampaikan oleh guru, dan kebiasaan peserta didik, faktor kurikulum, dan faktor lingkungan sosial (keluarga). Faktor pendukung antara lain yaitu karakteristik peserta didik, sikap terhadap belajar, rasa percaya diri peserta didik, faktor guru, dan faktor sarana dan prasarana. Saran penelitian ini diharapkan guru dapat mempertahankan kompetensi pedagogik yang telah dilaksanakan dan lebih meningkatkan kembali kompetensi yang dimilikinya, agar kualitas pembelajaran lebih optimal. Guru dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang tua dalam membimbing, memperhatikan dan memotivasi peserta didik dalam belajar. Guru hendaknya menambah wawasan keilmuan dengan mengikuti kegiatan yang berwawasan kompetensi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogik; Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47134 |
Actions (login required)
View Item |