PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020


Francischa Anggun Lestari, 6102416068 (2020) PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020] PDF (PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sanggar senam merupakan salah satu tempat kebugaran yang banyak diminati oleh semua kalangan dewasa terutama wanita. Dengan demikian para pebisnis di Kabupaten Kendal memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan pengelolaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan bisnis sanggar senam mulai dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, promosi, pelayanan di Kabupaten Kendal. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian pengelola, karyawan, instruktur dan member. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi untuk membandingkan hasil dari pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan dari aspek pengelolaan bisnis sebagai berikut sumber daya manusia dari ketiga sanggar senam dikelola oleh pemiliknya sendiri, hanya satu sanggar senam yang sudah memperhatikan sumber daya manusia mulai dari struktur organisasi, karyawan, dan instruktur. Sarana dan prasarana ketiga sanggar senam ini sudah sesuai dengan standar sarana dan prasarana yang dibutuhkan saat senam. Keuangan dari ketiga sanggar senam ini hanya satu yang mengelola keuangan secara rinci. Promosi yang dilakukan oleh ketiga sanggar senam hanya satu sanggar yang aktif melakukan promosi di media sosial ataupun di masyarakat langsung, sedangkan kedua sanggar senam lain belum mengetahui cara mempromosikannya dengan baik agar dikenal oleh masyarakat lebih luas. Pelayanan ketiga sanggar senam ini sudah bagus bukan hanya segi fasilitas nya melainkan pelayanan dari pengelola, karayawan dan instruktur terhadap member. Simpulan penelitian ini menunnjukkan bahwa dari ketiga sanggar senam di Kabupaten Kendal ini belum memperhatikan aspek pengelolaan bisnis dengan baik mulai dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, promosi dan pelayanan. Saran untuk sanggar yang belum memahami cara mengelola dengan baik sebaiknya lebih memahami apa saja yang dibutuhkan dalam mengelola sanggar agar lebih maju dan berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Adnan Husada Putra. 2016. Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol 5 No 2. Hal 40- 52. Afsanepurak, S. A., Hossini, R. N. S., & Seyfari, M. K. (2012). A comparison of customerssatisfaction with aerobics and bodybuilding in public and private gyms. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(1), 2222-6990. Almira Azalia Talitha. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Sanggar Senam Aerobik Nias Jember. Universitas Jember. Andrian Gunarso leliga dan charly ho, ngdiyanto. (2016). Penentuan segmenting, targeting dan positioning untuk projeki ndotaste. Jurnal manajemen dan start up bisnis. Vol 1 no 4. Asyura, Z. A. (2019). Survei Manajemen Sanggar Senam Se-Kabupaten Blora (Doctoral dissertation, UNNES). Bagus, E. R. P. 2016. Survey Manajemen Fitness Center Di Kabupaten Kendal Tahun 2017. UNNES. Darmawan, A. (2011). Pembinaan Olahraga Senam Aerobik di Sanggar Senam sekota Semarang Tahun 2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Daryanto, D. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Donath, L., Roth, R., Hohn, Y., Zahner, L., & Faude, O. (2014). The effects of Zumba training on cardiovascular and neuromuscular function in female college students. European Journal of Sport Science, 14(6), 569-577. Fajar Tinovitasari, Rika Yuliastanti, FianitaMalati. (2017). Work Discipline Factors Affecting Employees Performance Of Marketing Subdivision of Madika Foundation In Surabaya. International Journal of Entrepreneurship and Business Development.Vol 1 no 1 Elly Sabet C.S. (2018). Manajemen Professional Sanggar Senam Aerobik. Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani. Vol 2, No 2 Fariz, N. A. (2015). Manajemen Pengelolaan Penyedia Jasa Instruktur Senam Aerobik Di Kota Semarang Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Fitri, M. (2008). Profil Kompetensi Instruktur Aerobik (Studi Deskriptif Pada Guru Pendidikan Jasmani Di Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1). 92 Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95 Gustia Syafly Haryati. (2020). Administrasi Sarana Dan Prasarana. Universitas Negeri Padang. Huda, C. (2016). Model Pengelolaan Bisnis Syariah: Studi Kasus Lembaga Pengembangan Usaha Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(1). Indarti, N. (2004). Business Location And Success: The Case of Internet Café Business in Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 6(2), 171-192 Ipang S, Agus P, Arif S. (2013). Pengembangan Senam Konservasi Universitas Negeri Semarang tahun 2012. Jurnal media Ilmu Keolahragaan. Vol 3 No 1. Hal 12 Ipang Setiawan. (2010). Pelaksanaan Pelatihan Calon Instruktur Senam Aerobik di Kota Semarang. Jurnal lembar Ilmu Kependidikan. Hal 9-10. Layantara, S. (2016). Evaluasi Perkembangan BBQ Street Menggunakan Teori Marketing Mix 7P Terhadap Fenomena Food Truck Di Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2), 242-250. Lusianti Septyaning. (2019). Perbandingan Tingkat VO2Max Member Sanggar Senam Fitness Center UN PGRI Kediri dan Sanggar Senam Bugar Di Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. MALITA, A. A. (2020). Hukum Islam Tentang Profesi Wanita Sebagai Instruktur Senam Aerobik (Studi Di Sonia Aerobik Jl. Raden Intan Enggal Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung) Maxmanroe. (2019, Jully 11). Pengertian Bisnis Secara Umum. Retrieved from Pengertian Bisnis: Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis: https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian/bisnis.html# Mei Saroch & JokoWidodo. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Minimarket Di Koperasi Mahasiswa(Studi Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret).Economic Education Analysis Journal.Vol 6, No 2.Hal 622 Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyaningsih Farida. Instruktur Senam Aerobik Sebagai Alternatif Peluang Bisnis Bagi Mahaiswa. UNY. 93 Murray, H. (1938). Explorations in Personality. New York: Oxford University Press. Mustain, M. S. (2016). Survei Manajemen Pengelolaan Sanggar Senam Aerobik Di Sanggar Senam Se-Kota Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Mutohir, T. C., & Maksum, A. (2007). Sport development index. Jakarta: Kemenpora. Najafzadeh, M. R., & Shiri, F. (2015). The Relationship Between Service Quality And Perceived Value With Customer Loyalty And Aerobic Fitness Clubs In Tabriz. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 1(6), 69-73. Nomor, U. U. R. I. (3). Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Biro Humas dan Hukum Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Noviana, L. (2015). Survei Manajemen Pengelolaan Lapangan Futsal Di Kabupaten Wonosobo Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Nur Cholis dan Dian Wardiana. (2018). Manajemen Strategi Redaksi Dan Bisnis Koran Olahraga Top skor Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online Di Era Konvergensi Media .Kajian Jurnalisme. Volume 01 Nomor 02. Hal 125-127. Nur Yamani Wildan. (2017). Perkembangan Bisnis Industri Shuttlecock dan Olahraga Bulu Tangkis Di Kabupaten Tegal Tahun 2017. UNNES. Pandji, Anoraga, (2007). Survey Bisnis Wahana Arung Jeram Ps Rafting Kabupaten Pemalang Tahun 2017. Parks, Zanger & Quarterman. (1998). Contemporary Sport Management. Champaign, IL: Human Kinetic Pitts, Fielding, and Miller. (1994). Industry Segments. Model of the Sport Industry. Pratama, Aditya Bagus. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Surabaya : Pustaka Media Rambat, L. & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empa. Rasyid Ryaas. Desentralisasi Dalam Menunjang Pembangunan Daerah Dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia, PT. Pustaka LP3ES, Jakarta, 1998, hal 139 94 Riski, Aditia dkk. (2013). Pengelolaan Usaha dan Strategi Kewirausahaan. Fakultas Pengelolaan, Bisnis, Sanggar Senam
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:01
Last Modified: 11 Oct 2021 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47133

Actions (login required)

View Item View Item