PENGARUH PUSH-UP, SIT-UP DAN BACK-UP TERHADAP PENINGKATAN HASILTHROW IN DALAM SEPAKBOLA PADA SMK NEGERI 1 KANDEMAN (Eksperimen Pada Siswa Ekstra Kurikuler Sepakbola Tahun 2020)


Bayu Aryo Kokoh, 6301416163 (2020) PENGARUH PUSH-UP, SIT-UP DAN BACK-UP TERHADAP PENINGKATAN HASILTHROW IN DALAM SEPAKBOLA PADA SMK NEGERI 1 KANDEMAN (Eksperimen Pada Siswa Ekstra Kurikuler Sepakbola Tahun 2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PUSH-UP, SIT-UP DAN BACK-UP TERHADAP PENINGKATAN HASILTHROW IN DALAM SEPAKBOLA PADA SMK NEGERI 1 KANDEMAN (Eksperimen Pada Siswa Ekstra Kurikuler Sepakbola Tahun 2020)] PDF (PENGARUH PUSH-UP, SIT-UP DAN BACK-UP TERHADAP PENINGKATAN HASILTHROW IN DALAM SEPAKBOLA PADA SMK NEGERI 1 KANDEMAN (Eksperimen Pada Siswa Ekstra Kurikuler Sepakbola Tahun 2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh latihan push-up, sit-up dan back-up terhadap peningkatan hasil throw in. Adakah perbedaan kelompok latihan push-up, sit-up dan back-up terhadap hasil throw in pada siswa ekstra kurikuler sepakbola SMK Negeri 1 Kandeman. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 18 siswa ekstra kurikuler sepakbola SMK Negeri 1 Kandeman. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengolahan data menggunakan analisis uji anova. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah eksperimen dengan T-S pada 3 kelompok latihan, dengan uji analisis menggunakan uji anova dan post hoc. Uji anova diperoleh fhitung 25,714 dan dilanjutkan uji post hoc hasil kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2 nilai sig = 0.000 < 0.05, kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 3 nilai sig = 0.000 < 0.05, kelompok eksperimen 2 dengan kelompok eksperimen 3 nilai sig = 0.023 < 0.05. Hasil penelitian dapat dijadikan variasi dalam melatih kemampuan throw in. Saran: 1) untuk lebih efektif menggunakan latihan push-up, 2) hasil penelitian dapat digunakan sebagai pembanding atau referensi untuk penelitian sejenis dan diharapkan untuk dapat membandingkan metode latihan push-up dengan metode lain agar diperoleh informasi yang semakin valid untuk meningkatkan kemampuan throw in.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Back-up, Push-up, Sit-up, Throw In
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:04
Last Modified: 08 Oct 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47125

Actions (login required)

View Item View Item