SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020


Krisna Anggrean Nugraha, . 6102416059 (2020) SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020] PDF (SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan observasi awal yang menunjukkan bahwa perlu adanya data tentang ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari gambaran ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung . Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Temanggung dengan target penelitian 10 Sekolah Dasar di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Jasmani, lembar observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data meliputi jumlah alat, jumlah perkakas, jumlah fasilitas, kondisi alat, kondisi perkakas dan kondisi fasilitas. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar observasi dan dikelompokkan. Berdasarkan hasil penelitian keberadaan dan kondisi alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung 10 sekolah dalam kategori Cukup (100%), dan tidak ada Sekolah masuk kategori Baik dan Kurang ( 0%) untuk kondisinya 85,7% dalam kondisi Baik. Keberadaan dan kondisi perkakas pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung 9 Sekolah dalam kategori Cukup (90%), ada 1 sekolah masuk kategori Kurang (10%) dan tidak ada sekolah masuk kategori Baik (0%), untuk kondisinya 75,8% dalam kondisi Baik. Dan untuk keberadaan dan kondisi fasilitas pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung 5 sekolah dalam kategori Baik (50%), 4 sekolah dalam kategori Cukup (40%) dan 1 Sekolah masuk Kategori Kurang (10%) untuk kndisinya 85,7% fasilitas dalam kondisi Baik. Simpulan dalam penelitian ini sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung masuk dalam kategori sedang. Saran yang diberikan peneliti yatu agar pemerintah Kabupaten Temanggung lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Dasar Kecamatan Kedu dan juga guru pendidikan jasmani dapat menjaga dan memodifikasi sarana dan prsarana yang ada disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Survei, Sarana, Prasarana.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:40
Last Modified: 08 Oct 2021 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47123

Actions (login required)

View Item View Item