MANAJEMEN TIM SEPAK BOLA HATI BERIMAN FC SALATIGA USIA 17 PADA TAHUN 2019


Rahmad Alfian, 6102416051 (2020) MANAJEMEN TIM SEPAK BOLA HATI BERIMAN FC SALATIGA USIA 17 PADA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN TIM SEPAK BOLA HATI BERIMAN FC SALATIGA USIA 17 PADA TAHUN 2019] PDF (MANAJEMEN TIM SEPAK BOLA HATI BERIMAN FC SALATIGA USIA 17 PADA TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya puncak prestasi yang maksimal yang diperoleh oleh tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga selama mengikuti kompetisi Piala Soeratin dari tahun 2015 sampai 2018. Perlu adanya penelitian sejauh mana manajemen yang dilakukan oleh tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usia 17 pada tahun 2019. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usia 17 pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus klub, manajer, pelatih, dan atlet. Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode triangulasi data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga komponen diantaranya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh data bahwa: (1) Penerapan manajemen tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usia 17 pada tahun 2019 sudah berjalan dengan baik, yaitu dpenerapan fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan, dan pengawasan.(2) Indikator tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usia 17 pada tahun 2019 seperti program latihan, pendanaan, sarana dan prasarana, pelatih, dan atlet sudah berjalan tetapi belum tercapainya prestasi yang maksimal. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan penerapan manajemen tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usia 17 pada tahun 2019 sudah berjalan cukup baik dengan berjalannya fungsi-fungsi manajemen sepertiperencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dan berjalannya indikator-indikator dari program latiham, pendanaan, sarana dan prasarana, pelatih, dan atlet. Akan tetapi perlu ditingkan seperti kelengkapan program latihan dari pelatih, peningkatan standar penggunakan sarana dan prasarana latihan dan juga pengadaannya. Saran dari penelitian ini adalah tim sepak bola Hati Beriman FC Salatiga usai 17 pada tahun 2019 kedepan perlu pembenahan khususnya dalam organisasi, sarana dan prasarana latihan penunjamg latihan juga difasilitasi dengan layak guna mengejar prestasi yang maksimal didalam kompetisi usia remaja yaitu piala Soeratin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen. Prestasi, Sepak bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:32
Last Modified: 08 Oct 2021 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47122

Actions (login required)

View Item View Item