IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG 03 AMBARAWA TAHUN 2019


Bonaventura Mega Putra, 6301413060 (2020) IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG 03 AMBARAWA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG 03 AMBARAWA TAHUN 2019] PDF (IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG 03 AMBARAWA TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga adalah suatu aktivitas yang melibatkan fisik dengan mengutamakan prinsip gerak yang mengarah pada tercapainya beberapa tujuan yang dikehendaki. Perkembangan olahraga ditandai dengan banyaknya perlombaan olahraga baik ditingkat Daerah, Nasional, maupun Internasional. Sekarang ini kegiatan olahraga juga menjadi perhatian bagi pemerintah khususnya pemerintah di Indeonesia dimana banyak atlet berprestasi yang diberi penghargaan baik berupa moril maupun materil. Pemerintah Indonesia sangat menghargai dan mengapresiasi prestasi para atlet dan berharap akan muncul atlet-atlet muda yang nantinya dapat membanggakan nama Indeonesia dikancah dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat dan bakat olahraga siswa Sekolah Dasar Negeri Panjang 03 Ambarawa tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan one-shot model. Melibatkan sampel 26 siswa dan 32 siswi. Menggunakan teknik survei dan tes. Metode untuk minat menggunakan kuisioner deskriptif presentase. Sedangkan untuk bakat menggunakan software sport search. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara minat dan bakat para siswa dimana 58% siswa laki laki menunjukkan hasil yang sesuai, sedangkan 48% tidak sesuai, untuk kelompok siswa perempuan menunjukkan 19% minat dan bakat olahraganya sesuai, 6% kurang sesuai dan 75% minat dan bakatnya tidak sesuai dengan olahraganya. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa hubungan minat dan bakat tidak selalu linier melainkan saling melengkapi, bakat merupakan potensi dari suatu individu sedangkan minat merupakan ketertarikan suatu individu terhadap sesuatu, sehingga minat dan bakat dapat digunakan sebagai dasar dalam mengembangkan potensi siswa dalam cabang olahraga. .Kepada siswa dan siswi di Sekolah Dasar Negeri Panjang 03 Ambarawa, disarankan agar mengembangkan potensi dirinya dibidang olahraga sesuai dengan bakatnya masing-masing sehingga dapat berprestasi dan menjadi calon atlet usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Olahraga, Bakat Olahraga, dan Siswa Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:55
Last Modified: 08 Oct 2021 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47117

Actions (login required)

View Item View Item