PEMBINAAN PRESTASI ATLET PARACYCLING NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE OF INDONESIA DI SURAKARTA TAHUN 2020


Khoirul Zainal Abidin, 6102416041 (2020) PEMBINAAN PRESTASI ATLET PARACYCLING NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE OF INDONESIA DI SURAKARTA TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI ATLET PARACYCLING NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE OF INDONESIA DI SURAKARTA TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI ATLET PARACYCLING NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE OF INDONESIA DI SURAKARTA TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

National Paralympic Committee of Indonesia (NPC) merupakan organisasi yang mewadahi atlet khususnya atlet disabilitas. NPC melakukan pembinaan terhadap atlet disabilitas untuk meningkatkan prestasi dicabang olahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan prestasi yang dilakukan di cabor Paracycling NPC Solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pengurus, pelatih, dan atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi untuk membandingkan hasil dari pengumpulan data. Analisis data menggunakan (reduksi data, penyajian data) untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan prestasi dilakukan tiga tahap yaitu: tahap pemassalan, pembibitan, dan pembinaan prestasi. Program latihan seperti jadwal latihan, intensitas latihan, periodisasi, latihan fisik, teknik, dan taktik semua ada. NPC memperoleh sumber dana dari kemenpora. Kondisi dan kelengkapan sarana dan prasarana sudah baik dan memadai. Disimpulkan bahwa pembinaan prestasi atlet paracycling sudah baik. Pengurus, pelatih, dan atlet NPC sudah menjalankan tugas dan tangung jawabnya masing-masing. Prestasi atlet paracycling selalu meningkat dari tahun ketahun. Saran: pengurus selalu menjalankan tugas dengan baik, pelatih selalu memberikan program latihan dengan maksimal, atlet selalu menjaga kebugaran dan semangat berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Prestasi, Disabilitas, Paracycling
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:55
Last Modified: 08 Oct 2021 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47116

Actions (login required)

View Item View Item