PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA QUIZLET DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI POKOK ATMOSFER KELAS X SMA N 16 SEMARANG


Arum Indah Nurrochmah, 3201416054 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA QUIZLET DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI POKOK ATMOSFER KELAS X SMA N 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN  MEDIA QUIZLET DENGAN POWERPOINT  PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH  MATERI POKOK ATMOSFER KELAS X SMA N 16 SEMARANG] PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA QUIZLET DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATERI POKOK ATMOSFER KELAS X SMA N 16 SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nurrochmah, Arum. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Quizlet Dengan Powerpoint Pada Pembelajaran Jarak Jauh Materi Atmosfer Kelas X SMA N 16 Semarang. Jurusan Geografi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Andi Irwan Benardi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aplikasi Quizlet Live Media pemebelajaran merupakan sarana belajar mengajar yang penting untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran. Materi atmosfer tergolong materi yang luas cakupannya sehingga muncul anggapan bahwa merupakan materi hafalan. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Menghadirkan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran seperti media quizlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dengan media quizlet dan media powerpoint serta menganalisis perbedaan hasil belajarnya pada materi pokok atmosfer. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1, 2, dan 3 di SMA N 16 Semarang. Menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling. Variabel pada penelitian ini yaitu pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dengan media quizlet dan media powerpoint serta menganalisis perbedaan hasil belajarnya Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah uji t-test dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh hasil belajar pada media quizlet live lebih unggul dibanding media powerpoint dengan rata-rata nilai dengan uji paired sample t-test kelas kontrol & eksperimen yaitu sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, Sedangkan hasil dari uji independent sample t-test yaitu sig.(2-tailed) 0,047 < 0,05 sehingga h0 ditolak & ha diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar peseta didik setelah diberikannya treatmen serta dipengaruh oleh fakor minta beljar,motivasi, dan interaksi antar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar antara media quizlet dan powerpoint pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh materi pokok atmosfer maka peneliti memberikan saran pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi quizlet sebaiknya bisa diterapkan agar peserta didik lebih tertarik dan bersemnagat dalam mengikuti pembelajarann

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aplikasi Quizlet Live
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2021 05:59
Last Modified: 07 Oct 2021 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47109

Actions (login required)

View Item View Item