ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017


Tofani Hedianto, 1401416247 (2020) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017] PDF (ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA EDISI REVISI 2017) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Pakembaran 02, Buku Siswa sebagai buku wajib yang digunakan dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Instrumen pengukuran hasil belajar di dalam Buku Siswa digunakan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran. Penulis pernah menemukan instrumen pengukuran hasil belajar yang terdapat pada Buku Siswa yang tidak sesuai atau kurang lengkap sebagai alat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik pada Buku Siswa kelas V SD/MI tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia edisi revisi 2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu seluruh instrumen penilaian autentik yang terdapat pada Buku Siswa kelas V SD/MI tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia edisi revisi 2017, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan dengan menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif Bloom, sedangkan analisis instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan menyesuaikan kriteria penulisan instrumen menurut Kunandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen penilaian ranah kognitif ditinjau dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, namun distribusi jenjang ranah kognitif pada butir soal latihan tidak merata; (2) Kualitas instrumen penilaian ranah afektif ditinjau dari kriteria penulisan instrumen penilaian ranah afektif memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, namun tidak terdapat rubrik penilaian dan panduan penskoran yang jelas; serta (3) Kualitas instrumen penilaian ranah psikomotor bentuk kinerja dan produk ditinjau dari kriteria penulisan instrumen penilaian ranah psikomotor memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, sedangkan penilaian ranah psikomotor bentuk proyek memiliki validitas isi dengan kategori sangat tinggi. Disarankan kepada guru supaya melakukan analisis instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat pada buku ajar, terutama ditinjau dari aspek validitas isi atau guru dapat membuat/menyusun sendiri instrumen penilaian yang akan digunakan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Instrumen; Buku Siswa; Penilaian Autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:53
Last Modified: 06 Oct 2021 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47101

Actions (login required)

View Item View Item