ANALISIS PENGARUH MODEL TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR


Teguh Adi Irawan, 1401415113 (2021) ANALISIS PENGARUH MODEL TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH MODEL TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR] PDF (ANALISIS PENGARUH MODEL TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Belajar adalah suatu perbuatan seorang siswa yang dengan sengaja dan dalam keadaan sadar untuk mendapatkan suatu informasi yang baru, baik berupa konsep, pemahaman, pengetahuan, maupun keterampilan yang membuat seseorang mengalami perubahan perilaku yang lebih baik menurut pandangan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat sekitarnya. Minat belajar adalah perasaan yang meliputi keinginan, ketertarikan, perhatian seorang siswa untuk melakukan suatu kegiatan yang bersumber dari dalam hari siswa, tanpa bisa dipaksa oleh orang lain. Hasil belajar adalah perubahan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami suatu proses belajar atau aktivitas pembelajaran yaitu berupa peningkatan kemampuan kognitif (pengetahuan), kemampuan afektif (sikap), dan kemampuan psikomotorik (keterampilan) yang bersifat relatif permanen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar, dan 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif bersifat studi pustaka (Library Research) dengan subjek penelitian berupa literatur-literatur pendidikan sekolah dasar yang berkaitan pengaruh dengan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan atau hasil belajar siswa. Jurnal-jurnal pendidikan yang diteliti dipublikasikan pada tahun 2015 sampai tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan Penelitian ini ditandai dengan sebagian besar literatur menyatakan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar atau lebih dari 0,01%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tiga (3) literatur menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar dengan tingkat perbedaan nilai rata-rata sebesar 21,78%; 2) empat puluh satu (41) literatur menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar dengan tingkat perbedaan nilai rata-rata sebesar 29,29%; dan 3) tiga (3) literatur menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berpengaruh posisif dan signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Model TGT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:50
Last Modified: 06 Oct 2021 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47100

Actions (login required)

View Item View Item