PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Bagus Rinanto, 1401416252 (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bagus rinanto-1401416252 pdf - bagus rinanto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar siswa. Kedisiplinan belajar yangtinggi akan mempengaruhi hasil belajarsiswa, begitu pula siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi, akan memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kedisiplinan balajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal 2019/2020; (2) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal 2019/2020; (3)menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se�Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 203 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 135 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama sama (uji F). Hasil uji hipotesis pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 5,525> 1.978, berarti Ho1 ditolak. Hasil uji hipotesis kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel(5,297> 1,978), yang artinya H02 ditolak. Kedisiplinan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 18,7%. Kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 17,4%. Kedisiplinan dan kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,2%. Saran penulis,guru sebaiknya dapat menciptakan kondisi kedisiplinan belajar yang baik bagi siswa, dan meningkatkan kemandirian belajar di sekolah dengan memberikan hadiah atau reward kepada siswa yang mampu melaksanakan perintah-perintah yang diberikan guru dan juga menaati tata tertib yang berlaku di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kedisiplinan belajar, kemandirian belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:16
Last Modified: 06 Oct 2021 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47096

Actions (login required)

View Item View Item