MANAJEMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) JATIDIRI SEMARANG TAHUN 2020


Samuel Oktavianus Mangngi Pah, 6301416144 (2020) MANAJEMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) JATIDIRI SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) JATIDIRI SEMARANG TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN STANDAR SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) JATIDIRI SEMARANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah melalui Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) yang beralamat di Kawasan Jatidiri, Kel. Karangrejo, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sasaran penelitian ini adalah Kepala, Wakil Kepala dan atlet (BPPLOP) Provinsi Jawa Tengah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan data conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan untuk pengembangan sarana dan prasarana memang banyak perubahan semenjak dimulainya renovasi GOR Jatidiri Semarang dari tahun 2017 sampai dengan saat ini 2020, 2) Pengorganisasian dalam manajemen standar sarana dan prasarana sepenuhnya ada di Disporapar. Karena pengelolaan secara penuh berada di Disporapar, 3) Pengarahan secara umum peranan manajer dalam melakukan koordinasi dengan pengurus standar sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik, dan 4) Pengawasan langsung dari Disporapar sebagai pengelola melakukan pengawasan sarana dan prasarana dibantu oleh pegawai yang ada untuk masing-masing kompleks. Seperti venue kolam renang, stadion, gedung GOR Jatidiri, lapangan tenis dan lain-lain sudah ada pegawai untuk masing-masing venue tersebut. Simpulan dalam penelitian ini adalah manajemen standar sarana dan prasarana olahraga di Gelanggang Olahraga (GOR) Jatidiri Semarang sudah berjalan dengan baik. Saran dalam penelitian ini adalah dalam perencanaan renovasi GOR Jatidiri Semarang agar lebih dimatangkan lagi, mengingat anggaran yang dipakai sangat besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana Prasarana, GOR Jatidiri.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:57
Last Modified: 06 Oct 2021 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47093

Actions (login required)

View Item View Item