MANAJEMEN PERWASITAN ASOSIASI FUTSAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020


TRI ANITASARI, 6101416137 (2020) MANAJEMEN PERWASITAN ASOSIASI FUTSAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PERWASITAN ASOSIASI FUTSAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN PERWASITAN ASOSIASI FUTSAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Futsal adalah olahraga yang berkembang pesat, dalam olahraga futsal juga membutuhkan wasit untuk memimpin pertandingan. Di setiap Kabupaten pasti memiliki Asosiasi Futsal Kabupaten atau Kota yang menampung wasit di setiap Kabupaten atau Kota. Kabupaten Kebumen terdapat AFK, namun dalam proses manajemennya terdapat kendala dalam melakukan program pembinaan fisik wasit dan sumber daya manusia yang masih rendah. Berdasarkan latar belakang penelitian, maka fokus masalah dalam penelitian adalah Manajemen Perwasitan Asosiasi Futsal Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa manajemen perwasitan, sumber daya manusia, dan prestasi wasit di Kabupaten Kebumen tahun 2020. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sasaran objek dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diambil dari pengurus wasit AFK Kebumen dan data sekunder diambil dari anggota wasit. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) perencanaan organisasi wasit futsal di Kabupaten Kebumen sudah berjalan dengan baik karena terdapat tujuan, program, dan kegiatan organisasi; 2) pengorganisasian di organisasi perwasitan berjalan dengan baik memiliki struktur organisasi dan bekerja sesuai tugasnya; 3) penggerakkan oleh pengurus belum sepenuhnya berjalan dengan baik hal ini pada program pembinaan fisik yang belum terlaksana secara rutin; 4) pengawasan berjalan dengan baik terdapat pada pengawasan wasit pada saat bertugas selanjutnya ada laporan dari koordinator lapangan wasit yang ditugaskan, evaluasi dilakukan pada saat ada kesempatan untuk koordinasi wasit; 5) sumber daya manusia wasit AFK Kebumen sudah baik memiliki administasi yang baik, dalam hal mengambil keputusan masih rendah; 6) prestasi perwasitan AFK Kebumen cukup baik memiliki 5 wasit level (I) tingkat Nasional, 15 wasit level (II) tingkat Provinsi, dan 30 wasit level (III) tingkat Kabupaten. Kesimpulan dari penelitian adalah manajemen perwasitan AFK Kabupaten Kebumen berjalan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dan saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu proses perencanaan lebih ditingkatkan dalam hal komunikasi antar wasit, menigkatkan penyegaran fisik wasit, dan meningkatkan kedisiplinan wasit saat bertugas serta prestasi wasit untuk mempromosikannya ke level lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Perwasitan, Futsal.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:39
Last Modified: 06 Oct 2021 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47091

Actions (login required)

View Item View Item