KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA LECTORA INSPIRE DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS V SD MUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL


Alda Nur Mahmudah, 1401416286 (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA LECTORA INSPIRE DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS V SD MUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ALDA NUR MAHMUDAH 1401416286 pdf - Alda Mahmudah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran IPS adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan media pembelajaran, dan materi IPS mengandung banyak penjelasan mengenai kejadian-kejadian tertentu sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengingat materi tersebut. Penggunaan media Lectora Inspire akan memudahkan guru dalam penyampaian pembelajaran karena tampilan media yang menarik dan terstruktur. Hal ini membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keefektifan media lectora inspire dibandingkan dengan media gambar pembelajaran IPS di kelas V SD Muhammaadiyah Slawi Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, lembar observasi pengamatan, dan tes. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir menggunakan uji-t yaitu Independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t-test diolah menggunakan SPSS versi 22. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal yang berjumlah 55 siswa, 28 siwa kelas kontrol dan 27 siswa klelas eksperimen dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis perbedaan menggunakan rumus independent samples t-test data motivasi belajar siswa diperoleh -thitung<-ttabel (-5,026<-2,006) dan hasil belajar diperoleh -thitung<-ttabel (-6,220<-2,006). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar berbasis media video animasi di kelas eksperimen dan media gambar di kelas kontrol. Hipotesis keefektifan menggunakan one sample t-test data motivasi belajar diperoleh thitung>ttabel (7,796> 2,055) dan hasil belajar thitung>ttabel (9,355> 2,005). Jadi dapat disimpulkan bahwa media Lectora Inspire efektif ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Guru yang hendak menerapkan media Lectora Inspire hendaknya perlu mempersiapkan beberapa hal diantaranya adalah alat pendukung untuk penayangan Lectora Inspire dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, media Lectora Inspire, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:07
Last Modified: 06 Oct 2021 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47083

Actions (login required)

View Item View Item