KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN MEDIA WAYANG PUNAKAWAN DI DESA NGASINAN, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO


Ayu Lestari Wulandari, 1601416092 (2020) KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN MEDIA WAYANG PUNAKAWAN DI DESA NGASINAN, KECAMATAN BULU, KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416092 - Sartini Sartini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan dan peningkatan kemampuan kerja sama anak usia dini berdasarkan penerapan media wayang punakawan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan kerja sama anak usia dini berdasarkan penerapan media wayang punakawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Group pretest-posttest Design. Subjek dalam penelitan ini adalah anak usia dini di Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 35 anak dengan usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Kemampuan Kerja Sama, sedangkan analisis data menggunakan metode Uji Paired Sample t-Test dan Teknik Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan kerja sama anak usia dini berdasarkan penerapan media wayang punakawan. Perbedaan kemampuan kerja sama anak usia dini ditunjukkan dengan nilai t= -9872 dengan tingkat signifikansi = 0,000, kemampuan kerja sama anak usia dini setelah penerapan media wayang punakawan lebih tinggi. Kemampuan kerja sama anak usia dini berdasarkan pada penerapan media wayang punakawan mengalami peningkatan sebesar 13,41 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media wayang punakawan, kemampuan kerja sama anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:36
Last Modified: 05 Oct 2021 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47078

Actions (login required)

View Item View Item