PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI DINI TERHADAP STATUS PERTUMBUHAN ANAK USIA BALITA DI KECAMATAN SLAWI


Ismatul Maula, 1601416069 (2021) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI DINI TERHADAP STATUS PERTUMBUHAN ANAK USIA BALITA DI KECAMATAN SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416069 - Ismatul Maula.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak antara tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi dini terhadap status pertumbuhan anak usia Balita di Kecamatan Slawi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 3942 orangtua yang memiliki anak usia balita di Kecamatan Slawi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orangtua yang memiliki anak usia balita, bertempat tinggal di Kecamatan Slawi, balita memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS), KMS sudah pernah diisi, dan bersedia menjadi responden. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa survei dalam bentuk kuesioner dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data menggunakan koefisien determinasi R2 dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan orangtua tentang stimulasi dini di Kecamatan Slawi termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 80%, sedangkan hasil status pertumbuhan anak usia Balita termasuk dalam kategori naik dengan presentase sebesar 70%. Kemudian dari hasil analisis data kedua variabel didapatkan hasil perhitungan koefisien determinasi R2 sebesar 0,564 yang artinya variabel tingkat pengetahuan orangtua tentang stimulasi dini memiliki pengaruh sebesar 56,4%, sedangkan 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kemudian pada perhitungan uji regresi linear didapatkan hasil sig=0,000 maka 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,024. Sehingga kesimpulannya terdapat pengaruh yang positif antara tingkat pengetahuan orangtua tentang stimulasi dini dengan status pertumbuhan anak usia Balita di Kecamatan Slawi. Peneliti merekomendasikan agar orangtua rutin membawa anak mereka ke Posyandu untuk mengetahui kesehatan anak dan orangtua sebaiknya menstimulasi anak sesuai tahapan usia serta prinsip stimulasi agar anak tumbuh dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stimulasi Dini, Status Pertumbuhan, Anak Usia Balita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:08
Last Modified: 05 Oct 2021 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47072

Actions (login required)

View Item View Item