PENERAPAN METODE SIMULASI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP WAKTU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ASSYAFI’IYYAH TALUN


Siti Zunia Mar’atussolihah, 1601416063 (2021) PENERAPAN METODE SIMULASI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP WAKTU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ASSYAFI’IYYAH TALUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416063.pdf - Zunia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep waktu pada anak usia 5-6 tahun melalui penerapan metode simulasi bermain peran di RA Assyafi’iyyah Talun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B pada usia 5-6 tahun di RA Assyafi’iyyah Talun yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner/angket, wawancara dan skala pemahaman konsep waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif ,uji hipotesis melalui uji paired sampel t-test dan uji peningkatan. Semua perhitungan dilakukan dengan menggunakan SPSS IBM 24. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep waktu anak usia 5-6 tahun sebelum diberi perlakuan metode simulasi bermain peran yaitu 42% kemudian setelah diberi perlakuan metode simulasi bermain peran meningkat menjadi 58%. Adapun besar peningkatan pemahaman konsep waktu anak usia 5-6 tahun adalah 16%. Berdasarkan perhitungan statistik melalui uji paired sample t�test, menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 41,286 > 2.042 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kesimpulan dalam peneilitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep waktu anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan metode simulasi bermain peran di RA Assyafi’iyyah Talun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Waktu, Anak Usia 5-6 Tahun, Metode Simulasi Bermain Peran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:03
Last Modified: 05 Oct 2021 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47071

Actions (login required)

View Item View Item