PENGARUH HASIL AKREDITASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN PATI


Anasta Dian Ismi, 1601416062 (2020) PENGARUH HASIL AKREDITASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416062.pdf - Anasta Dian Ismi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemenuhan akan kebutuhan masyarakat sesuai minat salah satunya yaitu dengan memberikan sektor pelayanan yang berkualitas baik dengan adanya sekolah yang bermutu merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan. Wilayah Kecamatan Pati sendiri, masih banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang belum terakreditasi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kualitas layanan akademik di setiap lembaga juga masih minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas layanan akademik lembaga PAUD pada sekolah terakreditasi A, sekolah terakreditasi B dan sekolah terakreditasi C di Kecamatan Pati. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif komparatif dengan desain expost facto. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak yang bersekolah di Kecamatan Pati yang berjumlah 95. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpotional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kualitas layanan akademik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis statistik non parametrik dengan uji Kruskal-Wallis dengan menggunakan bantuan program SPSS 25,0 for Window. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan kualitas layanan akademik antara TK yang terakreditasi A, TK yang terakreditasi B dan TK yang terakreditasi C. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kualitas layanan akademik TK yang terakreditasi A memiliki nilai mean rank sebesar 71,70, kualitas layanan akademik TK yang terakreditasi B memiliki nilai mean rank sebesar 30,85 sedangkan kualitas layanan akademik TK yang terakreditasi C memiliki nilai mean rank sebesar 2,00. Artinya, semakin tinggi tingkat akreditasi maka semakin tinggi pula kualitas layanan akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Kualitas Layanan Akademik, Lembaga PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:59
Last Modified: 05 Oct 2021 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47070

Actions (login required)

View Item View Item