LITERASI DIGITAL GURU TAMAN KANAK - KANAK DI KABUPATEN SEMARANG
Trischa Adila Rahma, 1601416056 (2020) LITERASI DIGITAL GURU TAMAN KANAK - KANAK DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi digital Guru TK di Kabupaten Semarang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TK di Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan total 206 guru pada 17 kecamatan di Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/ angket, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan skor, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model Miles and Hubermans. Hasil dari penelitian ini menujukan tingkat literasi digital dengan persentase 89,3 % pada kategori sedang. Sedangkan pada setiap aspek memperoleh nilai rata�rata internet searching 2,92 pada kategori sedang, hypertext navigation 2,83 pada kategori sedang, conten evaluation 2,67 pada kategori sedang dan knowledge Assembly pada kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini guru telah memiliki dasar kemampuan literasi digital namum pada aspek conten evaluation mendapatkan hasil terendah yaitu 2,67 sehingga guru masih perlu meningkatkan kemampuan literasi digital
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Guru TK |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 06:55 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47069 |
Actions (login required)
View Item |