HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA PENYARANG, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP


Mesi Mersita, 1601416027 (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA PENYARANG, KECAMATAN SIDAREJA, KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416027 - Mesi Mersita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap anak dalam kehidupan sehari-harinya sangat berkaitan dengan perilaku prososial, agar perilaku prososial tertanam sejak usia dini maka dibutuhkan suatu kemampuan interpersonal sehingga anak tidak kesulitan untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan interpersonal dengan perilaku prososial anak usia dini di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional menggunakan dua skala, yaitu Skala Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini dan Skala Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Populasi pada penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang saat ini bersekolah PAUD dan telah mendapatkan ijin dari orang tunya sebagai responden di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 anak usia 5- 6 tahun di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpersonal memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial anak usia dini dengan nilai koefisien korelasi dari kedua variabel sebesar 0,877 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Arah hubungan antara kedua variabel bernilai positif. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi kemampuan interpersonal anak usia dini, maka semakin tinggi perilaku prososial anak usia dini. Sebaliknya semakin rendah kemampuan interpersonal anak usia dini, maka semakin rendah pula perilaku prososial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini, Perilaku Prososial Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:20
Last Modified: 05 Oct 2021 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47064

Actions (login required)

View Item View Item