PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN METODE LEAP UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI SANGGAR SOBOKARTTI SEMARANG


Lailatun Nishriyah, 1601416014 (2021) PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN METODE LEAP UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI SANGGAR SOBOKARTTI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416014 - Lailatun nishriyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran tari dengan metode LEAP pada peningkatan interaksi sosial anak autis di Sanggar Tari Sobokartti Semarang. Pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 2 (dua) anak autis di Sanggar Tari Sobokartti Semarang. Penelitian menerapkan metode LEAP dalam pembelajaran seni tari dalam 16 kali pertemuan. Data interaksi sosial diperoleh sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran tari dengan metode LEAP melalui pengamatan aspek kontak sosial dan komunikasi menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis wilcoxon rank test. Analisis seluruhnya dilakukan dengan SPSS IBM versi 22,0. Hasil deskripsi skor aspek kontak sosial anak autis meningkat dari 66 sebelum pembelajaran tari dengan metode LEAP menjadi 75 sesudah diterapkan metode pembelajaran tari dengan metode LEAP, sedangkan skor aspek komunikasi meningkat sebesar 2 dari 53 menjadi 55 dan secara keseluruhan interaksi sosial anak autis meningkat sebesar 13 dari 119 menjadi 132. Hasil analisis dengan Wilcoxon Rank Test nilai p sebesar 0,157 untuk aspek kontak sosial; p sebesar 0,655 untuk aspek komunikasi; dan p = 0,180 untuk interaksi sosial secara keseluruhan, karena p > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan postest dengan kata lain dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran tari dengan metode LEAP terhadap peningkatan interaksi sosial anak autis di Sanggar Sobokartti Semarang. Keterbatasan jumlah sampel diduga menjadi penyebab atas hasil tersebut. Rekomendasi untuk penelitian mendatang agar melibatkan lebih banyak anak autis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Pembelajaran Tari, metode LEAP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:38
Last Modified: 05 Oct 2021 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47062

Actions (login required)

View Item View Item