PERMAINAN EDUKATIF PILAH SAMPAH MELALUI PRAKTIK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP ANAK TK B KUNCUP MEKAR III MANGUNREJO


Ainla Murti, 1601416011 (2020) PERMAINAN EDUKATIF PILAH SAMPAH MELALUI PRAKTIK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP ANAK TK B KUNCUP MEKAR III MANGUNREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416011 .pdf - Ainla Murti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan terhadap perilaku peduli lingkungan hidup anak TK B Kuncup Mekar III Mangunrejo melalui permainan edukatif pilah sampah. Adapun aspek perilaku peduli lingkungan hidup yang diharapkan pada anak TK B Kuncup Mekar III Mangunrejo meliputi kerja keras dalam menjaga lingkungan, berinisiatif menjaga kelestarian lingkungan, menghargai kesehatan dan kebersihan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Kuncup Mekar III Mangunrejo, sedangkan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa dengan usia 5-6 tahun yang berjumlah 32 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui uji paired sample t-test. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan paired sample t-test diperoleh thitung= -11,828 > ttabel= 1,693, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pretest berada pada kategori meningkat sesuai harapan yaitu dengan persentase 18,75%, mulai meningkat 81,25%, dan belum meningkat 0%. Setelah diberi posttest berada pada kategori meningkat sesuai harapan dengan persentase 90,625%, mulai meningkat 9,375%, dan belum meningkat 0%. Perhitungan dengan teknik presentase perilaku peduli lingkungan anak mengalami kenaikan sebesar 9,19% antara pretest dan posttest. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat peningkatan perilaku peduli lingkungan hidup anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan melalui permainan edukatif pilah sampah dengan praktik langsung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu dalam mengembangkan perilaku peduli lingkungan hidup anak dan bagi guru hendaknya dapat menciptakan permainan yang lebih kreatif dan inovatif untuk mengoptimalkan rasa peduli lingkungan hidup anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif Pilah Sampah, Perilaku Peduli Lingkungan Hidup, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:34
Last Modified: 05 Oct 2021 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47061

Actions (login required)

View Item View Item